Halaman

Senin, 01 Juli 2013

Cara Menghafal Al Qur'an Dengan Mudah



Bismillahirrahmannirrahim

Assalamualaikum Wr Wb

Alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan caranya untuk menghapal Al Qur'an dengan cara yang mudah dan yang membuat lebih hafal dan dekat dengan Allah SWT. tapi sebelum itu anda harus mempunyai : 

- Niat bahwa saya benar benar ingin menghafal al quran yang membuat saya lebih dekat kepada Allah SWT ,dan bukan karena ingin di puji oleh orang lain. 

- Nah sesudah niat yang bagus saya ingin kepada kalian meluang kan waktu beberapa menit saja per hari untuk menghafal Alqur'an, sekali lagi hanya beberapa menit saja (paling bagus disaat antara Magribh dan isya).

- Berdoa kepada Allah agar di mudahkan untuk menghafal alquran.

- Nah selalu baca Basmallah dan ta'awudz di permulaan.

Ok kita mulai dengan caranya :

1. Pertama buka surat yang anda ingin hafal (misalkan surat An Naba) dan bacalah permulaan kata pada ayat pertama selama 20 kali.




2. Setelah itu baca juga kata ke dua dari ayat pertama hingga 20 kali dan seterusnya hingga ayat pertama selsai.



3. Setelah semua kata dalam satu ayat selesai di baca masing masing 20 kali, bacalah ayat yang telah dihafal 20 kali jangan kurang atau lebih, tapi kok terlalu banyak ? itu agar tidak lupa lupa lagi.



4. 1 ayat untuk satu hari agar kita tidak terlalu cape dan selalu semangat.

5. Besoknya kita menghafal lagi ayat yang berikutnya dengan cara yang sama.

6. Bila ada ayat yang terlalu panjang kita bisa membagi bagi nya lagi menjadi beberapa bagian. Lalu pada bagian pertama (1) kita hafal seperti cara 1, 2, 3, selama satu hari, lalu bagian yang kedua kita hafal besoknya lagi.




7. Agar hafalan kita tidak lupa lagi, sebaiknya kita baca hafalan kita setiap sesudah solat. Ataupun bila sudah hafal 1 surat anda juga bisa membacanya dalam solat.

Sekian info dari saya semoga menjadi berkah bagi kita semua dan maaf kan saya bila ada kesalahan dalam apapun dan tolong saran yang lebih baik.

Wasallamu'alalikum Wr Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentarlah dengan baik dan sopan dan tanpa ada spam pertikaian atau yang lainya. terimakasih